Basic Leadership Training STIE Pertiwi Angkatan Ke-6

Sabtu (08/11/14), Lebih dari 20 Bus dengan menggunakan pengawalan (Voorijder). Lebih dari 700 mahasiswa baru STIE Pertiwi dari seluruh cabang kampus yang tersebar di Jabodetabek ikut menghadiri kegiatan Basic Leadership Training (BLT) ke-6 yang berlokasi di Vila Tjokro, Puncak, Bogor.

Sebagai pengganti kegiatan ospek di Perguruan Tinggi Pertiwi, setiap mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Basic Leadership Training, dimana dalam kegiatan tersebut para peserta diberikan materi pelatihan mengenai kepemimpinan melalui seminar, permainan, kegiatan kelompok, aksi panggung, hingga kegiatan outbound.

Hari pertama pada kegiatan ini dimulai dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh jajaran pengurus, dosen dan tamu undangan STIE Pertiwi. Dalam acara pembukaan tersebut resmi dibuka dengan pelepasan burung dara oleh Bpk. Fakhrurrazi, SE, M.M. bersama dengan tiga pembantu ketua lainnya. 

Setelah acara pembukaan selesai, seluruh peserta memasuki aula utama, dimana pada tempat tersebut para mahasiswa diberikan materi seminar mengenai kepemimpinan dari Dr. H. Suharsono.M.Pd dan Ibu Hj. Tuti Indrayani, S.E., M.B.A. Kedua pembicara yang telah lama menjadi pimpinan dalam organisasi dipimpinnya terebut, memberikan pendidikan, pelatihan, serta pengalaman yang luar biasa kepada seluruh peserta BLT tersebut.

Pada malam harinya kegiatan ini diselingi dengan hiburan dengan menampilkan berbagai macam kreasi dan seni pertunjukan dari tiap-tiap kelompok peserta. Dalam sesi ini banyak peserta yang terlihat bergembira dengan menyaksikan berbagai macam aksi individu maupun kelompok dari para peserta yang tampil. Beberapa penampilan yang ditampilkan oleh para peserta antara lain: bernyanyi, menari, atraksi sulap, stand up comedy, drama, dan kreasi yel-yel antar kelompok. Kemudian, sebelum peserta menjelang tidur mereka diwajibkan terlebih dahulu mengikuti renungan bersama, dengan tujuan untuk mengintrospeksi diri masing-masing dan kembali melangkah menjadi pribadi yang lebih baik setelah pulang dari kegiatan ini.

Pada keesokan harinya, para peserta dibangunkan pada pagi hari untuk mengikuti sholat subuh berjama’ah bagi yang muslim. Setelah itu keseluruhan peserta mengikuti kegiatan senam pagi bersama. Setelah sarapan pagi para peserta yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok kini mulai diminta untuk menunjukkan kekompakannya dalam kegiatan permainan dan outbound yang terbagi menjadi beberapa pos yang harus diselesaikan bagi setiap kelompok.

 Dalam kegiatan outbond tersebut, para peserta dilatih dalam kerja sama tim. Bagi yang ditunjuk sebagai ketua kelompok harus memberikan arahan terbaik agar kelompoknya tersebut dapat menjadi pemenang disetiap pos yang ada pada kegiatan tersebut. Anggota tim juga diharuskan untuk saling bekerja sama satu sama lain dan ikut berfikir bagaimana sebuah permainan dapat diselesaikan secara bersama dengan waktu tercepat mengalahkan pesaing-pesaing dari kelompok lainnya.

Dari keseluruhan acara Basic Leadership Training ini diharapkan dapat membekali para peserta dengan kemampuan memimpin, sehingga apa yang telah mereka dapatkan dari acara ini dapat menciptakan pribadi-pribadi yang efektif, unggul, dan berkinerja optimal dalam setiap persoalan maupun tantangan yang mereka hadapi dalam keseharian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *