Donor Darah Perguruan Tinggi Pertiwi Cililitan

Sabtu (21/12/13), Perguruan Tinggi Pertiwi (STIE, STBA, AKPAR, & LPPM PERTIWI) bekerja sama dengan PMI cabang Jakarta Timur mengadakan acara kegiatan Donor Darah dengan tema “DARAH = CINTA SESAMA”. Darah yang  merupakan salah satu komponen paling penting di dalam tubuh, mengingat fungsinya sebagai alat transportasi. Kekurangan darah di dalam tubuh dapat memacu sejumlah penyakit dimulai dari anemia, hipotensi, serangan jantung, dan beberapa penyakit lainnya. Kondisi ini tentu menuntut instansi yang terkait, seperti PMI dan rumah sakit, untuk selalu memiliki persediaan darah yang mencukupi. Namun ironisnya tak jarang kita temukan kasus kurangnya kantong darah di rumah sakit sementara kebutuhan akan darah terus meningkat.

Oleh karena itu Perguruan Tinggi Pertiwi bersama dengan PMI cabang Jakarta Timurselalu mengadakan kegiatan rutin donor darah untuk mahasiswa dan umum. Pada kegiatan donor darah kali ini, acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.00 WIB.

Donor darah, selain bermanfaat bagi penerima juga memiliki manfaat bagi pendonor, antara lain:

Produksi sel baru
Mendonorkan darah dapat merangsang sumsum tulang belakang Anda untuk memproduksi sel baru. Dengan kata lain, donor darah mengambil darah yang lama untuk diganti sel baru atau regenerasi sel darah.
Mencegah Radikal Bebas
Donor darah menjaga kadar zat besi dalam tubuh agar tetap normal. “Kalau zat besi berlebihan maka hasil akhir radikal bebas (sifatnya karsinogenik). Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kanker,” kata dr Yuyun.
Menghindari risiko kardiovaskular
Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah boleh bersuka cita. Pasalnya, donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar. Sehingga tak ada lagi penyumbatan darah pada pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terserang peyakit jantung dan stroke berkurang.

Karena banyaknya manfaat yang diperoleh serta sebagai bukti kepedulian bagi sesama, Perguruan Tinggi bersama dengan PMI berharap kegiatan rutin ini dapat terus berjalan untuk kedepannya. (LPPM)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *