Jurnal Economicus Vol. 6, No. 1, Maret 2013

 

 

 

PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3)
TERHADAP KINERJA KARYAWAN
PT. EMITRACO INVESTAMA MANDIRI DIVISI ENGINEERING

Mulyadi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan besarnya seberapa besar pengaruh yang dihasilkan oleh kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Emitraco Investama Mandiri ini berlokasi di Jalan Cacing No.9 Rorotan Babek KM.3 Cakung, Jakarta 13910 – Indonesia, kota Jakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, analisa korelasi sederhana, koefesien determinasi dan uji t. Penelitian dilakukan di kantor pada PT Emitraco Investama Mandiri ini berlokasi di Jalan Cacing No.9 Rorotan Babek KM.3 Cakung, Jakarta 13910 – Indonesia, kota Jakarta.

Untuk mengetahui pengaruh antara variabel Kesehatan dan Keselamatan kerja dengan kinerja karyawan yaitu kuat atau lemahnya pengaruh X (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terhadap faktor Y (Kinerja Karyawan) maka digunakan metode analisa kolerasi linier sederhana serta koefesien determinasi.

Dari hasil perhitungan analisis kolerasi sederhana dapat dilihat bahwa nilai r adalah 78,19 yang artinya terdapat pengaruh yang kuat antara variabel X (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terhadap variabel Y (Kinerja Karyawan).

Dari hasil kuefisiensi determinasi menujukan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja mempunyai pengaruh terhadap Kinerja karyawan sebesar 31% sedangkan sisa nya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lain, gaya kepemimpinan sarana dan prasarana yang disediakan oleh perusahaan.

Sedangakan dari hasil perhitungan analisi regresi linier sederhana dilihat bahawa bila Kesehatan dan Keselamatan Kerja bertambah dapat ditarik kesimpulan jika Kesehatan dan Keselamatan Kerja ditingkatkan sampai 70,70 maka Kinerja Karyawan menjadi 71,86.

Keywords : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

PENGARUH BRAND IMAGE AQUA
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
PADA PT. TIRTA INVESTAMA PONDOK PINANG

Fakhrurazi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana, pengaruh Brend Image AQUA Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Tirta Investama Pondok Pinang, yang beralamat di JL. Ciputat Raya No.9 Pondok Pinang Jakarta Selatan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan sampel 30 responden dengan tekhnik dengan rendem sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket atau kuesioner berbentuk skala likert dengan kategori 1-5. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana diperoleh persamaan Y= 1,36 + 0,99 X. Dari perhitungan Product Moment Pearson diperoleh hasil r= 0,79 yang berarti korelasi atau hubungan pengaruh Brend Image terhadap keputusan pembelian adalah kuat. Koefisien Determinasi sebesar 0,62 sehingga kontribusi variable bebas terhadap variable terikat adalah sebesar 62%. Hal ini berarti setiap perubahan dalam setiap keputusan pembelian air minum dalam kemasan merek AQUA 62%nya dipengaruhi oleh brend image . thitung= 6,78 dan t tabel,701 karena thitung>ttabel maka HO ditolak dan HA diterima.

Keywords : Pemasaran dan Promosi

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN MOTIVASI PIMPINAN
TERHADAP KINERJA PEGAWAI BKKBN
KABUPATEN SUMEDANG

Mutdi Ismuni
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja dan motivasi pimpinan terhadap kinerja pegawai BKKBN Sumedang.
Metodologi yang digunakan secara deskriptif analisis. Metode ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang gejala-gejala yang diteliti dalam keadaan sekarang, serta atas dasar itu kemudian dicarikan jawaban bagi pemecahan masalah atas gejala-gejala yang ada.

Hasil analisis penelitian dapat ditafsirkan bahwa, variable lingkungan kerja berada pada kategori “cukup baik” dan menunjukkan pengaruh yang signifikan. Variabel motivasi berada pada kategori “baik”, dan menunjukkan pengaruh yang signifikan. Secara simultan pengaruh lingkungan kerja dan motivasi, bersama-sama berpengaruh positif terhadap variable kinerja.
Hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pegawai BKKBN Kabupaten Sumedang, dan siapa saja yang memerlukannya.

Keywords : Lingkungan Kerja

PENGARUH PELATIHAN STANDAR OPERASIONAL
TERHADAP KINERJA KARYAWAN
PADA PT. PUTRA ALAM TEKNOLOGI

Usman HM
Dosen STIE International Golden Institute (IGI)
Jl. Anggrek Cendrawasih VIII No.1 Slipi – Jakarta Barat Telp. 021 – 5308814

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan yang sahih (valid), berdasarkan fakta dan data yang dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa besar pengaruh pelatihan standar oprasional terhadap kinerja karyawan pada PT. Putra Alam Teknologi.

Metode penelitian ini menggunakan hipotesis asosiatif, yaitu metode yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode ini berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala/peristiwa. Sedangkan pendekatan penelitian yang dipakai adalah dengan pengamatan (observasi), penelusuran literatur, penggunaan angket (kuesioner), wawancara (interview). Metode pengambilan data untuk kuesioner dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian dilapangan yang melibatkan 30 responden.
Dari penelitian ini diperoleh hasil sebagai berikut pelatihan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Putra Alam Teknologi. Hubungan antara variabel X (pelatihan standar oprasional) dan variabel Y (kinerja karyawan) dirumuskan Y = 1,33 + 0,660 X.

Kesimpulan dari analisa data, untuk kasus penelitian ini telah terbukti bahwa antara variabel X (pelatihan standar oprasional) terhadap variabel Y (kinerja karyawan) terdapat hubungan yang kuat.

Keywords : Pelatihan dan Kinerja

 

 Download

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *