Jurnal Economicus Vol. 6, No. 2, September 2013

 

 

PENGARUH PENILAIAN PRESTASI KERJA KARYAWAN
TERHADAP PROMOSI JABATAN
PADA PT.ASWAB TECHNO INDONESIA

Prapto Pujianto
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penialaian prestasi kerja karyawan terhadap promosi jabatan pada PT. ASWAB TECHNO INDONESIA, yang beralamat Kp. Gardu Sawah Rt. 004 Rw. 001 Ds Kalijaya, Bekasi. Dengan format halaman Romawi (i, ii, iii, dst) terdiri dari 12 halaman dan format halaman angka (1, 2, 3, dst) terdiri dari 66 halaman.
Ada beberapa faktor yang berpengaruh terhadap promosi jabatan karyawan, di antaranya adalah faktor penilaian prestasi yang meliputi penilaian hasil kerja, sikap, disiplin waktu, absensi, dan pengetahuan pekerjaan yang akan dikomparasikan sebagai pengaruh dari suatu promosi jabatan dengan indikator uji diantaranya pendidikan, pengalaman, kreatifitas dan faktor nasib dari setiap individu karyawan sebagai responden. Sehubungan dengan itu penulis melakukan penelitian tentang pengaruh penilaian prestasi kerja terhadap promosi jabatan karyawan pada PT. Aswab Techno Indonesia.

Penelitian ini melibatkan 25 responden sebagai sampel dari populasi sejumblah 107 orang karyawan PT. Aswab Techno Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisoner, wawancara.
Berdasarkan analisis data, peneliti ini menemukan bahwa penilaian prestasi kerja mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap promosi jabatan dengan nilai korelasi sebesar 0,86.
Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa penilaian prestasi kerja yang di terapkan oleh PT. Aswab Techno Indonesia, mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap promosi jabatan karyawan.

Keywords : Prestasi Kerja dan Promosi Jabatan

 

PENGARUH KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA
(Studi Kasus Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT Salim Ivomas Pratama tbk)

Pristanto Ria Irawan
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Komunikasi merupakan suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia, dimana komunikasi sebagai kekuatan untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Untuk itu meningkatkan komunikasi organisasi sangat penting untuk menciptakan keharmonisan dan kelancaran tugas dalam perusahaan.

Komunikasi organisasi dapat menjadi salah satu pengaruh yang paling penting dalam produktivitas organisasi, karena komunikasi mempengaruhi usaha anggota organisasi. Usaha dalam hal ini merujuk kepada penggunaan tubuh secara fisik baik itu dalam komuniksai verbal, nonverbal, nilai, sikap dan perilaku. Dengan adanya hubungan yang hangat antara pihak manajemen dengan para karyawan maka karyawan akan merasa diperhatikan dan dihargai. Ini akan menjadi suatu motivasi bagi karyawan, melahirkan sikap keterbukaan dan kepercayaan, sehingga karyawan akan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya.

Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui kuesioner yang diebarkan kepada 50 karyawan yang masih aktif pada PT Salim Ivomas Pratama, Tbk. Dari penelitian ini terhadap jawaban responden dapat diketahui bahwa hubungan antara komunikasi organisasi dan kinerja karyawan dapat dikatakan sangat kuat.

Analisa data menggunakan uji korelasi dan analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17.00. Berdasarkan penelitian menunjukkan terdapat korelasi yang kuat antara komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan, dan ada pengaruh signifikan sebesar 67,6% dari komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan PT Salim Ivomas Pratama, Tbk. Sisanya 32.4% dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti kompensasi dan kepuasan kerja. koefisien korelasi antara komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan didapat angka (r) sebesar 0.822 yang berada di kisaran skor 0.800 ≤ r ≤ 1.000, dapat disimpulkan bahwa hubungan antara skor komunikasi Organisasi dan Kinerja karyawan sangat kuat

Keywords : Komunikasi, Organisasi, Komunikasi Organisasi, Kinerja

 

ANALISA PEMBERIAN JAMINAN SOSIAL TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN
PADA PT . KATI KARTIKA MURNI TANGERANG

Mulyadi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Jaminan Sosial Tenaga Kerja dengan Produktivitas Kerja Karyawan dan berapa besar pengaruh Jaminan Sosial Tenaga Kerja terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT Kati Kartika Murni Tangerang.

Dari hasil penelitian terdapat 250 orang jumlah karyawan yang ada, kemudian dari populasi tersebut tidak semuanya dijadikan sampel, tetapi hanya 85 orang saja yang menjadi sampel dari populasi tersebut. Penelitian menggunakan metode pengumpulan data yaitu melaksanakan pengukuran pengujian hipotesis atas permasalahan yang ada yaitu melalui observasi, interview dan melakukan penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisa regresi, yaitu untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh jaminan sosial tenaga kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, kemudian analisa koefisien korelasi yaitu untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara pengaruh jaminan sosial tenaga kerja terhadap produktivitas kerja karyawan, analisis koefisien determinasi untuk mengetahui besaran kontribusi jaminan sosial tenaga kerja terhadap produktivitas kerja karyawan dan uji t yaitu dengan menguji hipotesis secara parsial atau masing-masing variabel, yaitu mengetahui keberartian pengaruh jaminan sosial tenaga kerja (X) terhadap produktivitas kerja karyawan (Y).

Keywords : Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan Produktifitas Kerja

 

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
FINANCIAL SERVICE CONSULTANT TERHADAP KEPUASAN NASABAH
PADA ASURANSI PRUDENTIAL UNIT LINK
(STUDI KASUS NASABAH BANK PERMATA DI JAKARTA PUSAT)

Fakhrurazi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan Financial Service Consultants berdasarkan tingkat kepentingan dan tingkat kinerja menurut nasabah supaya asuransi Prudential dapat menyusun pertimbangan atau masukan dalam memperbaiki tingkat pelayanan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui penilaian nasabah atas pelayanan yang telah diberikan selama ini. Oleh karena itu sangatlah penting untuk mengetahui penilaian nasabah atas pelayanan yang telah diberikan selama ini.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy. Variabel-variabel tersebut digunakan untuk mengukur Tingkat Kepentingan dan Tingkat Kinerja nasabah terhadap kualitas pelayanan yang diberikan kepada Financial Service Consultant.

Berdasarkan pengolahan terhadap lima belas atribut kualitas pelayanan dengan metode Importance-Performnce Analysis diketahui bahwa tingkat kesesuaian pada atribut-atribut kualitas pelayanan yang paling rendah dari seluruh atribut yaitu memberikan pelayanan adil dan cara tidak pilih kasih (84,78%) sedangkan tingkat kesesuaian yang paling tinggi adalah atribut kedatangan tempat rapat/pertemuan tidak terlambat (96,21%).

Sedangkan dalam diagram kartesius dapat diketahui, atribut-atribut yang berada di kuadran A (Prioritas Utama) yaitu memberikan pelayanan adil dan penulisan dokumentasi tanpa kesalahan. Pada kuadran B (Pertahankan Prestasi) adalah penjelasan produk yang akurat, kedatangan tempat rapat/pertemuan tidak terlambat, pelayanan yang ramah dan sopan santun, dan sikap profesional. Pada kuadran C (Prioritas Rendah) dianggap bahwa harapan yang diinginkan oleh nasabah tidak begitu besar sehingga kinerja Financial Service Consultant kurang memuaskan. Pada kuadran D (Berlebihan) dianggap harapan nasabah terhadap pelayanan ini kurang penting namun kinerjanya dinilai berlebihan. Oleh karena itu tingkat kepentingan harus sesuaian dengan tingkat kinerja yang diberikan.

Keywords : Financial Service Consultants

 

ANALISA FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TURNOVER INTENTIONS TINGGI KARYAWAN KONTRAK TELEMARKETING
PT UTAMA KARYA SENTOSA JAKARTA
(Studi pada kantor cabang PT Utama Karya Sentosa Jakarta)

Miskanik
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi langsung di lapangan dan mengumpulkan data dan informasi melalui kuesioner untuk mendapatkan pendapat responden mengenai faktor-faktor penyebab turnover intentions dan kaitannya dengan tingginya tingkat turnover intentions karyawan. Jumlah responden di dalam penelitian adalah 50 orang yang merupakan sebagian jumlah telemarketing di PT UTAMA KARYA SENTOSA (Union Healthcare).

Untuk mengetahui faktor-faktor penyebab tingginya turnover intentions maka dilakukan perhitungan analisis deskriptif, dari perhitungan diperoleh hasil bahwa faktor jaminan keselamatan kerja, komunikasi dengan pengawas dan gaji dan tunjangan lain merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi tingginya tingkat turnover intentions dan untuk hubungan antara faktor-faktor penyebab turnover intentions terhadap tingginya tingkat turnover intentions karyawan maka dilakukan penghitungan analisis regresi linier sederhana, dari perhitungan ini diperoleh hasil persamaan Y = 15.287 + 0.0768 X. Dengan demikian setiap pertambahan nilai x sebesar 60 point maka nilai Y akan bertambah sebesar 19.886 point. Sedangkan untuk mengetahui kekuatan hubungan antara variabel X dengan variabel Y digunakan perhitungan analisis korelasi. Dalam penelitian ini diperoleh angka 0.272 dimana menurut tabel, hubungan ini termasuk hubungan rendah.

Selanjutnya dari perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 7.40 % yang artinya bahwa faktor-faktor penyebab turnover intentions memiliki pengaruh sebesar 7.40 % terhadap tingginya tingkat turnover intentions karyawan di PT UTAMA KARYA SENTOSA (Union Healthcare). Sedangkan 92.6 % dipengaruhi oleh faktor lain selain faktor-faktor penyebab turnover intentions.
Dari perhitungan Koefisien korelasi diperoleh nilai t hitung sebesar 3.695 dan t tabel sebesar 2.021, hal ini berarti bahwa Ho di tolak yang berarti pula bahwa ada hubungan antara faktor-faktor penyebab turnover intentions dengan tingginya tingkat turnover intentions di dalam penelitian ini.

Keywords : Turnover Intentions

 

download

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *