Jurnal Economicus Vol. 7, No. 2, September 2014

 

 

PENGARUH PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA
PT. AEON CREDIT SERVICE INDONESIA CABANG BEKASI


Fakhrurazi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264


Abstrak


Perusahaan merupakan salah satu bentuk organisasi yang bertujuan untuk memperoleh suatu profit, untuk itu personal selling harus perlu ditingkatkan. Tingkat penjualan yang ditargetkan oleh perusahaan merupakan tugas yang harus dikerjakan dengan sebaik-baiknya oleh personal selling.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian di PT. AEON Credit Service Indonesia Cabang Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode asosiatif, yaitu metode yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode ini berfungsi untuk menjelaskan, meramalkan, dan mengontrol suatu gejala atau peristiwa. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan.

 
Berdasarkan hasil penelitian terhadap 30 responden calon nasabah mengenai Personal Selling dan Keputusan Pembelian, variabel Personal Selling berpegaruh terhadap Keputusan Pembelian, hal ini terihat dari hasil penelitian dimana diperoleh regresi Y = 1,09 + 0,75 X yang berarti bahwa jika tidak ada Personal Selling ( X = 0 ), maka nilai Keputusan Pembelian adalah sebesar 1,09 satuan dan setiap kenaikan nilai Personal Selling satu satuan, maka akan meningkatkan nilai Keputusan Pembelian sebesar 0,75 satuan. Dengan nilai Korelasi ( r ) sebesar 0,73, diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 53,2% hal ini menunjukkan Personal Selling memberikan kontribusi terhadap Keputusan Pembelian sebesar 53,2% sedangkan sisa 46,8% adalah pengaruh faktor lain, misalnya promosi dan iklan. Kemudian dilakukan uji t, dengan hasil thitung sebesar 4,289 dan ttabel sebesar 2,048 sehingga dapat dikatakan bahwa ( t hitung > t tabel ) dengan demikian Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara  Personal Selling danKeputusan Pembelian.

 


Keywords : Personal Selling, Keputusan Pembelian.


 

PENGARUH PELATIHAN OPERATOR PRODUKSI
TERHADAP PRODUKTIFITAS PRODUKSI DI PT. BUMIMULIA INDAH LESTARI

Mulyadi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Persaingan yang ketat diantara industri – industri manufacturing di Indonesia menuntut perusahaan industri untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) Yang dimiliki dengan sebaik- baiknya.  Peranan karyawan sepertinya tidak dapat terwujud nyata dan baik tanpa adanya pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan. Salah satu cara meningkatkan Produktifitas produksi yaitu dengan melakukan pelatihan-pelatihan secara baik dan berkesinambungan.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar Pengaruh Pelatihan Operator Produksi Terhadap Produktifitas Produksi, pada PT.Bumimulia Indah Lestari. Sumber daya manusia memiliki kemampuan akan menghasilkan produktifitas yang tinggi, oleh karena itu Pelatihan merupakan bagian yang untuk peningkatan Produktifitas Produksi. Penelitian ini dilaksanakan di PT.Bumimulia  Indah Lestari dengan metode pengumpulan data dengan cara menggunakan kuesioner, Instrumen yang digunakan adalah angket berbentuk skala Likert dengan kategori nilai 1-5.

 

Keywords : Pelatihan & Produktivitas

 

PENGARUH SISTEM SELEKSI
TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN
PADA PT ARMSTRONG INDUSTRY INDONESIA

Tutik Rahayu
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi proses seleksi dan pengaruhnya terhadap prestasi kerja karyawan pada PT.Armstrong Industry Indonesia, Bekasi. Penelitian dirancang dengan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional dan data dikumpulkan dengan instrument berbentuk kuesioner berskala likert.

Data diambil berdasarkan jawaban responden yang berjumlah 28 dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistic inferensial yakni korelasi den regresi linier sederhana. Analisis dilakukan dengan bantuan software Ms. Excell, hasilnya adalah sebagai berikut:

Hasil anlisis korelasi Rank spearman (rs = 0,99) yang artinya terdapat korelasi yang sangat kuat dan positif antara Seleksi dan Prestasi kerja karyawan, hasil analisis koefisien determinasi (kd = 98,01%) artinya bahwa Proses seleksi memiliki kontribusi yang sangat besar yaitu 98,01% terhadap Prestasi kerja karyawan sedangkan lainnya 1,99% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh penulis. Hasil uji lainnya dapat dilihat dari hasil uji hipotesis koefisien korelasi yaitu nilai CR sebesar (=35,739) > ttabel (=1,706) oleh karena itu dapat ditarik kesimpulan bahwa tolak H0 dan terima H1 yang artinya, faktor Seleksi mempunyai hubungan nyata dan positif terhadap Prestasi kerja karyawan.

 

Keywords : Sistem Seleksi & Prestasi Kerja

 

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi
Pada Karyawan PT Parda Ritorez Sakti

Satim
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Populasi sebanyak 20 orang yaitu keseluruhan dari karyawan yang ada di PT Parda Ritorez Sakti. Hasil uji coba telah dilaksanakan dan terkumpul semua. Pertanyaan yang diajukan kepada responden sebanyak 10 item, yang terdiri dari 5 pernyataan untuk gaya kepemimpinan (variabel X), dan 5 pernyataan untuk komitmen organisasi (variabel Y). Penelitian hipotesis atas permasalahan yang ada melalui observasi, interview, dan queioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yaitu untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi , analisis koefisien korelasi yaitu untuk mengetahui seberapa erat hubungan antara gaya kepemimpinan dengan komitmen organisasi, analisis koefisien determinasi yaitu untuk mengetahui seberapa besar kontribusi gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi. Uji Hipotesis (uji t) yaitu untuk menguji hipotesis secara parsial atau masing – masing variabel, yaitu untuk mengetahui keberartian gaya kepemimpinan (X) terhadap komitmen organisasi (Y).
Dari penelitian menunjukkan ada hubungan yang positif antara gaya kepemimpinan dengan komitmen organisasi pada karyawan PT Parda Ritorez Sakti, yang dibuktikan oleh hasil penelitian yaitu :
Pengaruh gaya kepemimpinan (X) terhadap komitmen organisasi (Y) dinotasikan dengan persamaan Y = 2,389 + 0,672X. Hal ini mengandung arti bahwa setiap kenaikan satu satuan gaya kepemimpinan akan menyebabkan peningkatan komitmen organisasi sebesar 0,672 satuan. Perhitungan dengan menggunakan koefisien korelasi (r) diperoleh nilai sebesar 0,442. Hal ini mengandung arti bahwa hubungan antara gaya kepemimpinan dengan komitmen organisasi sedang. Diperoleh koefisien determinasi sebesar 19,54% yang berarti gaya kepemimpinan memberikan kontribusi sebesar 19,54% terhadap komitmen organisasi, sedangkan sisanya 80,46% dipengaruhi faktor lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Untuk mengetahui keberartian gaya kepemimpinan terhadap komitmen organisasi digunakan analisis uji hipotesis (uji t) dan diperoleh nilai thitung (2,088) > nilai t tabel (1,74), maka keputusan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti.

 

Keywords : Kepemimpinan

 

PENGARUH PELATIHAN TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN
DI PT. BUMIMULIA INDAH LESTARI

Erlis Warti
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi langsung di lapangan dan mengumpulkan data dan informasi melalui wawancara langsung dengan responden dan menggunakan angket untuk mendapatkan pendapat responden mengenai pelatihan dan kaitannya dengan prestasi kerja karyawan. Jumlah responden di dalam penelitian adalah 42 orang yang merupakan jumlah supervisor di PT. Bumimulia Indah Lestari.

Validitas intrumen dilakukan untuk menentukan tingkat kevalidan dari instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian. Selanjutnya dilakukan penghitungan reliabilitas dengan menggunakan rumus Spearman brown. Hal ini untuk menentukan konsistensi suatu jawaban dari waktu ke waktu. Dalam penelitian ini seluruh intrumen valid dan reliabel.

Untuk mengetahui hubungan antara pelatihan terhadap prestasi kerja karyawan maka dilakukan penghitungan analisis regresi linier sederhana, dari perhitungan ii diperoleh hasil persamaan Y = – 10.31 + 1.013 (X). Dengan demikian setiap pertambahan nilai x sebesar 50 point maka akan nilai Y akan bertambah sebesar 40.34 point. Sedangkan untuk mengetahui kekuatan hubunganantara variabel X dengan variabel Y digunakan perhitungan analisis korelasi. Dalam penelitian ini diperoleh angka 0.8572 dimana menurut tabel, hubungan ini termasuk hubungan sangat kuat.

Selanjutnya dari perhitungan koeffisien determinasi diperoleh nilai 73.48 yang artinya bahwa pemberian pelatihan memiliki pengaruh sebesar 72.48 % terhadap prestasi kerja karyawan di PT. Bumimulia Indah Lestari. Sedangkan 26.52 % dipengaruhi oleh faktor lain selain pelatihan.

Dari perhitungan Koeffisien korelasi diperoleh nilai t hitung sebesar 10.53 dan t tabel sebesar 2.021, hal ini berarti bahwa Ho di tolak yang berarti pula bahwa ada hubungan antara pelatihan dengan prestasi kerja di dalam penelitian ini.

Keywords : Pelatihan & Prestasi Kerja

 

PENGARUH PENEMPATAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN PADA 
PT. INDONESIA MULTI COLOUR PRINTING DI CILEUNGSI-BOGOR

Mutdi Ismuni
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Sumber Daya Manusia penempatan sesuai dengan keahlian dan pengatahuan yang baik agar karyawan memiliki prestasi yang baik dalam bidang dan keahlian masing-masing.
Dari hasil penelitian terhadap 78 orang jumlah karyawan yang ada, kemudian dari populasi tersebut tidak semuanya dijadikan sampel, tetapi hanya 30 orang saja yang dijadikan sampel dari populasi tersebut, Metode analisis data yang digunakan adalah analisa regresi, yaitu untuk mengatahui seberapa besar pengaruh penempatan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan, kemudiaan analisa koefisien korelasi yaitu untuk mengatahui seberapa erat hubungan antara pengaruh penempatan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawn, analisis koefisien determinasi untuk mengatahui besaran kontribusi penempatan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan dan uji t untuk mengatahui pengaruh yang ditimbulkan dari penempatan kerja karyawan (X) terhdapa prestasi kerja karyawan (Y).

Dari penelitian menujukan bahwa ada hubungan posiif antara penempatan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Indonesi Multi Colour Printing, yang dibuktikan hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan analisis regresi penulisan memperoleh nilai regresi yaitu Y = 7,724+0,194X. Pengertian persamaan bernialai 7,724 satuan, sedangkan apabial terjadi peningkatan pengaruh penempatan kerja karyawan sebesar satu satuan, maka akan mempengaruhi prestasi kerja karyawan sebesar 0,194 satuan. Hubungan antara penempatan kerja karyawan (X) terhadap Prestasi kerja karyawan (Y) sebesar 0,726. Nilai kofisien korelasi (r = 0,726) menujukan bahwa hubungan ini kuat dan positif. Sedangkan besaran kontribusi variabel (X) terhadap variabel (Y) pada koefisien determinasi sebesar 0,527 berarti 52,7% menujukan bahawa penempatan kerja karyawan mempunyai pengaru besar 52,7% terhadap prestasi kerja karyawn, sisanya 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Untuk mengatahui pengaruh yang ditimbulakan penempatan kerja karyawan terhadap prestasi kerja karyawan digunakan dengan analisis Uji t yang menujukan t hitung sebear 5,590 > t tabel 2,048 dengan taraf nyata a 5% , maka kesimpulan Ho ditolak dan Ha diterima, Artinya, terhadap pengaruh yang berarti antara penempatan kerja karyawan dengan prestasi kerja karyawan.

Keywords : Penempatan Kerja dan Prestasi Kerja

 

 Download

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *