Pelatihan Alat Statistik Dalam Penulisan Skripsi dan Laporan Tugas Akhir

Analisis data statistik merupakan salah satu komponen yang penting dalam suatu penelitian survey. Terlebih bagi mahasiswa yang akan atau sedang melakukan penelitian untuk skripsi. Untuk mempersiapkan diri, sekaligus melatih kemampuan mahasiswa dalam mengolah data statistik,

Atas dasar pertimbangan terebut maka STIE Pertiwi mengadakan pelatihan penggunaan alat statistik yang sudah populer digunakan mahasiswa sebagai alat pengolah data, yaitu program SPSS (Statistical Product and Service Solutions.).

Mengetahui kesulitan utama mahasiswa dalam pengolahan data menggunakan program SPSS, maka STIE Pertiwi selalu mengadakan kegiatan petalihan penggunaan alat statistic tersebut.

Dalam pelatihan yang terbagi menjadi dua sesi ini, instruktur memberikan contoh kasus pengolahan data dari penelitian yang berjudul “PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN POWDER PROCESS PT. FRISIAN FLAG INDONESIA” Studi kasus dengan satu variabel independent dan satu variabel dependent ini ditampilkan kepada seluruh mahasiswa dari proses penginputan data kuesioner, penginputan data kuesioner ke program spss, hingga ke proses pengolahan data dan bagaimana cara kita menginterpretasikan data yang telah diolah tersebut.

Bagi mahasiswa yang ingin mengulangi cara yang telah dipelajari dalam pelatihan tersebut, dapat mendownload file studi kasus pada lampiran di bawah ini:

1. Hand Out Pelatihan SPSS

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *