ORIENTASI MAHASISWA BARU STIE PERTIWI

NO OSPEK, BLT YES!

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau biasa disingkat Ospek merupakan kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru. Kegiatan Ospek akan diisi dengan berbagai rangkaian acara yang berisikan tentang informasi akademik dan kemahasiswaan, program unggulan kampus, kegiatan ekstrakurikuler hingga tata tertib dan nilai budaya di lingkungan kamus tersebut. Selain itu, Ospek juga bertujuan untuk membentuk karakter seorang mahasiswa baru agar mahasiswa tersebut bisa mengikuti alur dan dinamika kehidupan di dalam kampus tersebut.

Namun, Ospek saat ini menjadi sesuatu yang menegangkan dan menyeramkan. Alih-alih kegiatan edukatif dan informatif, Ospek lebih mengarah kepada kekerasan fisik, mental bahkan sebagai ajang balas dendam, antara senior dengan mahasiswa baru. Berbagai macam tugas yang tidak masuk akal bahkan cenderung aneh membuat mahasiswa baru ciut dan seakan tak berdaya.

Berdasarkan pengalaman itulah, STIE Pertiwi, sebagai kampus berkarakter dan berkompetensi unggul, sejak 13 Tahun yang lalu, mengubah paradigma Ospek menjadi BLT, Basic Leadership Training. Sebuah kegiatan kepemimpinan bagi mahasiswa baru yang mengembalikan nilai Ospek pada hakikat sesungguhnya. Dikemas dengan cara yang apik, energik dan menyenangkan tentunya.

BLT STIE Pertiwi biasanya dilakukan di daerah Puncak dan mengambil tempat di hotel atau di villa. Dengan suasana pegunungan yang hijau, udara yang sejuk membuat kegiatan BLT jauh dari kesan menyeramkan, bahkan cenderung seperti rekreasi. Kegiatan ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan pindahan dari seluruh Kampus STIE, baik Kampus Bekasi, Cililitan, Cikarang, Karawang dan Cilengsi. Setiap tahun, hampir 700-800 mahasiswa baru yang mengikuti BLT ini.

Acara utama dari BLT adalah Seminar Kepemimpinan, Team Building dan Pentas Seni. Seminar Kepemimpinan diisi oleh langsung Ketua Pembina YPPG, yakni Bpk. Dr. Suharsono dan Ketua Yayasan YPPG, Ibu Hj. Tuti Indrayani. Beliau memaparkan tentang nilai-nilai dan karakter dari mahasiswa dan seluruh civitas Pertiwi. Dikemas dengan gaya yang seru dan santai. Sehingga peserta pun aktif terlibat.