Jurnal Berkala Economicus Vol. 8, No. 1, Maret 2015

 

 

 

 

 

 

 

PENGARUH PELAKSANAAN REKRUITMEN TERHADAP KESESUAIAN PENEMPATAN KARYAWAN PADA PT.FUKOKU TOKAI RUBBER INDONESIA

 

Mulyadi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

 

Abstrak

 

Dalam penulisan skripsi ini, ruang lingkup dibatasi pada pembahasan mengenai pengaruh rekruitmen melalui proses seleksi terhadap kesesuaian penempatan karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan rekruitmen, kesesuaian penempatan karyawan dan seberapa besar pengaruhnya rekruitmen melalui seleksi terhadap penempatan karyawan. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dimana penelitian ini akan dicari tingkat hubungan antara pelaksanaan rekruitmen/seleksi (variabel x) dengan kesesuaian penempatan karyawan (variabel y). Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis statistik korelasi rank spearman dan menggunakan tabel distribusi t.
Berdasarkan hasil analisis dan pengukuran, menurut responden pelaksanaan rekruitmen yang dilakukan PT FTR Indonesia sudah baik, ini terlihat dari semua komponen yang diteliti mengenai proses seleksinya, tes psikologi,tes pengetahuan, tes kesehatan serta wawancara semuanya menghasilkan kriteria hasil yang baik. Pelaksanaan penempatan di perusahaan tersebut apabila dilihat dari keseluruhan memiliki kriteria yang baik, oleh karena itu penempatan k.aryawan PT FTR Indonesia sudah baik
Hasil penghitungan secara statistik mengenai koefisien dengan menggunakan kolerasi rank spearman menunjukan adanya kolerasi hubungan yang cukup kuat antara pelaksanaan seleksi dengan kesesuaian penempatan karyawan (rs = 0, 64), sedangkan dari hasil uji statistik dan penghitungan koefisien determinasi dapat diketahui bahwa kontribusi pelaksanaan seleksi terhadap kesesuaian penempatan karyawan sebesar 40,00 % dipengaruhi faktor-faktor lain.

 

Keywords : Rekruitmen, Seleksi, Kesesuaian Penempatan Karyawan

 

 

 

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN KERJA
DENGAN KINERJA KARYAWAN
PADA PT. YAMAHA INDONESIA MANUFACTURING

 

Usman HM
Dosen STIE International Golden Institute (IGI)
Jl. Anggrek Cendrawasih VIII No.1 Slipi – Jakarta Barat Telp. 021 – 5308814

 

Abstrak

 

Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah berapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai di PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kedisiplinan kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai.Pada penelitian ini tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, kuesioner. Dalam penelitian ini jumlah sample sebanyak 35 orang serta analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan korelasi.
Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik korelasi Product Moment Person. Pengujian hipotesis dilakukan dengan tingkat kepercayaan 29,16,% uji nyata 70,84% dengan maksud hipotesis diterima apabila r hitung lebih besar dari r tabel. Sebaliknya hipotesis ditolak apabila r hitung lebih kecil dari r tabel.
Untuk menghitung hubungan kedisiplinan kerja terhadap peningkatan kinerja pegawai dilakukan dengan korelasi determinasi r dengan ketentuan jika r terletak antara 0, hal ini berarti tidak ada hubungan antara variabel X dengan variabel Y dan jika terletak antara 1, menunjukkan hubungan yang sempurna.
Dengan demikian berdasarkan perhitungan analisis koefisien determinan, diperoleh besarnya hubungan antara kedisiplinan kerja dengan kinerja karyawan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing adalah 29,16% dan sisanya sebesar 70,84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.
Hasil uji hipotesis berdasarkan tehnik analisa korelasi itu terdapat nilai r sebesar 0,027 dari nilai-nilai r tabel dan dari hasil perhitungan korelasi statistik diperoleh nilai sebesar 5,4 dimana nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,27 < 5,4 dengan demikian hipotesis dapat diterima.

 

Keywords : Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan

 

 

 

ANALISIS PENGARUH LAYANAN KlikBCA
TERHADAP KEPUASAN NASABAH
PADA PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk
(Studi Kasus pada Nasabah KCP Ahmad Yani Bekasi)

 

Fakhrurazi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

 

Abstrak

 

Pengguna jasa memiliki pandangan dan pola pikir yang berbeda-beda dalam memenuhi kebutuhannya. Namun, pada intinya pengguna jasa ingin memaksimalkan kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa. Penyedia jasa merupakan bisnis yang dilakukan demi mencapai profit dan kelangsungan perusahaan, oleh karena itu perusahaan penyedia jasa juga berupaya untuk menyediakan pelayanan terhadap kebutuhan para pengguna jasa. Berdasarkan kepentingan dari masing-masing pihak tersebut diatas, penulis mencoba melakukan penelitian atas hubungan kedua kepentingan tersebut. Perkembangan teknologi informasi yang dimanfaatkan oleh penyedia jasa layanan menjadi hal yang menarik untuk diteliti. Kemudian penulis melakukan penelitian tentang hubungan Kepuasan Pelanggan (Nasabah) PT. Bank Central Asia Tbk terhadap fasilitas layanan Internet Banking BCA (KlikBCA).
Untuk mengetahui kualitas pelayanan maka digunakan analisis tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan terhadap 50 respoden. Responden diberikan indikator-indikator yang mengacu pada lima dimensi pelayanan jasa, yaitu Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangible, sehingga diketahui tingkat kepentingan dan tingkat pelaksanaan atas kualitas pelayanan pada Fasilitas KlikBCA (Studi kasus pada nasabah BCA KCP Ahmad Yani Bekasi).
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada nasabah yang datang ke Kantor Cabang Pembantu Ahmad Yani Bekasi, diperoleh hasil bahwa rata-rata tingkat pelayanan yang diberikan melalui fasilitas KlikBCA mencapai 94,6% dari tingkat harapan nasabah pengguna KlikBCA. Persentase tingkat pemenuhan kepuasan dari masing-masing indikator yang diteliti yaitu Tangible (98,37%), Reliability (96,9%), Responsiveness (96,24%), Assurance (102,76%), dan Emphaty (93,59%).
Secara umum dapat disimpulkan, bahwa kualitas pelayanan KlikBCA menurut nasabah pengguna KlikBCA pada BCA KCP Ahmad Yani Bekasi dinilai sudah memuaskan sehingga perusahaan perlu mempertahankan kinerja yang telah dicapai dan perusahaan harus lebih meningkatkan pelayanan yang selama ini masih belum memuaskan.

 

Keywords : Kualitas Pelayanan & Kepuasan Pelanggan

 

 

 

PENGARUH ETOS KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
PADA BAGIAN PRODUKSI PT. BESTPACK COATING INDONESIA

 

Mutdi Ismuni
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

 

Abstrak

 

Populasi sampling terhadap keseluruhan karyawan produksi sebanyak (49 responden), dari karyawan level Operator Produksi , Leader Produksi, dan Supervisor Produksi. Hasil uji coba telah dilaksanakan terkumpul 30 responden. Pertanyaan yang diajukan kepada responden sebanyak 36 item. Penelitian hipotesis atas permasalahan yang ada melalui observasi dan questioner. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi yaitu untuk mengetahui seberapa besar kontribusi etos kerja terhadap kinerja karyawan, analisis koefisien korelasi yaitu untuk mengetahui seberapa erat hubugan antara etos kerja dengan kinerja karyawan, analisis koefisien determinasi yaitu untuk mengetahui seberapa besar kontribusi etos kerja terhadap kinerja karyawan, Uji Hipotesis (Uji t) yaitu untuk menguji hipotesis secara parsial atau masing – masing variabel, yaitu untuk mengetahui keberartian etos kerja (X) terhadap kinerja karyawan (Y).
Dari Penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara etos kerja terhadap kinerja Karyawan Bagian Produksi, PT. Bestpack Coating Indonesia, Cikarang – Bekasi. Yang dibuktikan oleh hasil penelitian yaitu :
1. Pengaruh etos kerja (X) terhadap kinerja karyawan (Y) dinotasikan dengan persamaan Y = 40,19 + 0,443 X. Hal ini mengandung arti bahwa setiap kenaikan satu satuan etos kerja akan menyebabkan peningkatan kinerja karyawan sebesar 0,443 satuan.
2. Perhitungan dengan menggunakan koefisien korelasi (r) diperoleh nilai sebesar 0,438. Hal ini mengandung artinya bahwa hubungan antara etos kerja dengan kinerja karyawan sedang. Diperoleh koefisien determinasi sebesar 19,2 %, yang berarti etos kerja memberikan kontribusi sebesar 19,2 % terhadap kinerja karyawan sedangkan sisanya 80,8 % dipengaruhi faktor lain yaitu : agama, budaya, sosial politik, lingkungan/geografis, pendidikan, struktur ekonomi, motivasi intrinsik individu.
3. Untuk mengetahui keberartian pengaruh etos kerja terhadap kinerja karyawan digunakan analisa uji hipotesis (Uji t) dan diperoleh nilai thitung (2,868) > nilai ttabel (2,048), maka keputusannya adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian hipotesis penelitian terbukti.

 

Keywords : Etos Kerja & Kinerja Karyawan

 

 

 

PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN BAGIAN OPERASIONAL PADA PT.BANK BUKOPIN CABANG KARAWANG

 

Arif Nugroho
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

 

Abstrak

 

Perusahaan adalah suatu lembaga yang diorganisir dan dijalankan untuk menyediakan barang dan jasa agar dapat melayani permintaan konsumen akan kebutuhan mereka. Dalam melaksanakan proses produksinya, suatu perusahaan membutuhkan faktor-faktor produksi yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan. Faktor-faktor produksi yang dapat menunjang tercapainya tujuan perusahaan adalah bahan baku, modal, dan manusia. Secanggih apapun peralatan yang dimiliki perusahaan, tidak akan bisa mencapai tingkat produktivitas yang diharapkan jika peralatan tersebut tidak dioperasikan secara efektif dan efesien oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Tujuan utama setiap organisasi adalah merancang sistem kompensasi adalah untuk memotivasi karyawan dalam rangka meningkatkan produktivitas kerjanya dan mempertahankan karyawan yang kompeten agar dapat bertahan di perusahaan.

 

Keywords : Kompensasi & Produktivitas

 

 

 

PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN PADA PT.PLN (persero) RAYON NGAWI

 

Agus Sampurno Ponco Amikaton
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi, motivasi kerja karyawan dan pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT.PLN (persero) Rayon Ngawi Penelitian dilakukan pada awal bulan September 2013 sampai akhir Desember 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada semua karyawan secara sensus, yaitu 30 orang. Selain itu juga dilakukan teknik observasi dan studi kepustakaan.
Hipotesis penelitian adalah “terdapat pengaruh Budaya Organisai terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT.PLN (persero) Rayon Ngawi.” Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk tabel, lalu dianalisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah Koefisien Korelasi dan Koefisien Determinasi. Untuk mempermudah proses analisis digunakan Program SPSS versi 17.
Koefisien Korelasi yang diperoleh sebesar 0,763. Ini berarti terdapat korelasi positif dan tinggi antara program pelatihan dan kinerja karyawan. Koefisien Determinasi adalah 58,22%, artinya motivasi kerja karyawan pada PT.PLN (persero) Rayon Ngawi, 75,169% dipengaruhi oleh budaya organisasi, sisanya sebesar 41,78% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan nilai t hitung terhadap t tabel, dan diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 9,720 > 2,0484. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja karyawan pada PT PLN (persero) Rayon Ngawi.

 

Keywords : Budaya Organisasi & Motivasi Kerja

Download

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *