Jurnal Economicus Vol. 5, No. 1, Maret 2012

 
 
“ PENGARUH PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. BALAI PUSTAKA”
 
MULYADI
DOSEN TETAP MANAJEMEN STIE PERTIWI 
 
 
ABSTRAK
Dalam meningkatkan kinerja karyawan perusahaan harus menempuh beberapa cara, melalui pemberian kompensasi yang layak sesuai dengan kontribusi perusahaan dan menciptakan kualitas hidup serta lingkungan yang kerja yang kondusif. 
Penelitian ini bertujuan untuk dapat menggambarkan pengaruh pemberian kompensasi yang ada di PT. BALAI PUSTAKA (PERSERO) publishing & secutrity printing, yang beralamat : Pulogadung Industrial Estate, East Jakarta.  Jln. Pulo Kambing Kav. J 15, pada bulan Januari 2012 sampai dengan bulan Februari 2012. Metode  penelitian yang digunakan adalah  metode survei dan studi kepustakaan  serta menggunakan variabel X atau pengaruh pemberian kompensasi dan variabel Y atau kinerja karyawan, dapat terbukti dengan hasil perhitungan sampel pada penelitian adalah para karyawan  PT. BALAI PUSTAKA (PERSERO) publishing & security printing di Jakarta sebanyak 20 orang karyawan yang dipilih secara acak dari 30 orang karyawan yang ada. 
Analisis yang digunakan meliputi analisa regresi dari data yang telah diperoleh berupa persamaan sebagai berikut : Y = 52,73 + 0,46 X. Berdasarkan pengujian yang di lakukan melalui analisa korelasi r = 0,70, dapat disimpulkan bahwa korelasi hubungan antara pemberian kompensasi terhadap kinerja karyawan berpengaruh positif. Untuk mengetahui kontribusi seberapa besar kontribusi variabel x dan y maka dapat disimpulkan bahwa koefisien determinsasi r2 = 0,49. Ini mengandung arti bahwa Untuk mengetahui nilai korelasi menunjukkan hubungan sangat kuat dan negatif dilakukan uji hipotesis yaitu thitung >ttabel = 5,80>2,101. Dan berdasarkan hasil dari analisis yang telah dijelaskan, maka dapat dilihat diketahui bahwa pemberian kompensasi mempunyai hubungan positif berpengaruh terhadap kinerja karyawan,  berarti kompensasi yang diberikan dapat meningkatkan terjadi kinerja karyawan dalam bentuk bonus, insentif dan berupa tunjangan. 
 
“Hubungan Atmosfer toko dengan kepuasan pelanggan Toko Buku Gramedia Matraman”
 
 
 
 
FAKHRURAZI, SE, MM.
DOSEN TETAP MANAJEMEN STIE PERTIWI
 
 
ABSTRAK
Hubungan Atmosfer Toko Dengan Kepuasan Pelanggan Toko Buku Gramedia Matraman . Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi ,Jakarta 2011
Suatu perusahaan jasa jika ingin tetap bertahan dan bersaing serta mampu mengembangkan bisnisnya harus lebih meningkatkan atmosfer toko agar tercipta suatu kepuasan. Toko Buku Gramedia Matraman sebagai perusahaan yang bergerak di bidang Ritel yang menawarkan produk-produk baik buku maupun stasionery mulai berbenah diri dengan meningkatkan atmosfer toko yang baik dimata konsumen, hal itu dilakukan dengan harapan kepuasan konsumen terpenuhi sehingga mampu bersaing dengan perusahaan ritel sejenis  lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang valid atas hubungan atmosfer toko dengan kepuasan pelanggan di Toko Buku Gramedia Matraman yang beralamat di JL. Raya Matraman No. 46-50 Jakarta pada Januari sampai dengan bulan Februari 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah teknik survei dengan penyebaran kuesioner kepada konsumen yang datang. Jumlah sample sebanyak 50 orang konsumen dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner berbentuk skala Likert dengan kategori nilai 1-5.
Teknik analisa data yang dipakai adalah menggunakan korelasi sederhana untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan antara atmosfer toko dan kepuasan pelanggan ,Koefisien determinan di gunakan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara kedua variabel,Persamaan Regresi digunakan mengetahui pengaruh atmosfer toko terhadap kepuasan pelanggan,serta uji t untuk mengetahui koefisien korelasi yang diperoleh signifikan atau tidaknya.
     Dari hasil analisis korelasi sederhana, didapat nilai r adalah sebesar 0,5654 , nilai tersebut terletak diantara 0,5 < 0,75 yaitu menunjukkan bahwa hubungan antara atmosfer toko terhadap kepuasan  adalah sedang atau cukup kuat dan positif searah,Nilai koefisien determinasi (KD) diperoleh (r2) dikali 100 %, yaitu didapat hasil sebesar 31,9 %, yang artinya besarnya kontribusi atmosfer toko sebesar 31,9 % dari nilai kepuasan pelanggan saat ini di Toko Buku Gramedia Matraman sebesar 83%. Berdasarkan perhitungan dan analisa yang telah dilakukan, terbukti bahwa thitung = 4,6686 ternyata lebih besar dari ttabel = 2,0106 atau 4,6686 > 2,0106 untuk tingkat kesalahan 5%, maka dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara atmosfer toko dengan kepuasan pelanggan.
 

 Download

Economicus Vol5No1mar2012

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *