Jurnal Economicus Vol. 6, No. 1, Maret 2013

 
 
PENGARUH KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. EMITRACO INVESTAMA MANDIRI DIVISI ENGINEERING 
 
Mulyadi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264




 
 
 
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan besarnya seberapa besar pengaruh yang dihasilkan oleh kesehatan dan keselamatan kerja terhadap kinerja karyawan pada PT Emitraco Investama Mandiri ini berlokasi di Jalan Cacing No.9 Rorotan Babek KM.3 Cakung, Jakarta 13910 – Indonesia, kota Jakarta.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan adalah menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana, analisa korelasi sederhana, koefesien determinasi dan uji t. Penelitian dilakukan di kantor pada PT Emitraco Investama Mandiri ini berlokasi di Jalan Cacing No.9 Rorotan Babek KM.3 Cakung, Jakarta 13910 – Indonesia, kota Jakarta.

Untuk mengetahui pengaruh antara variabel Kesehatan dan Keselamatan kerja dengan kinerja karyawan yaitu kuat atau lemahnya pengaruh X (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terhadap faktor Y (Kinerja Karyawan) maka digunakan metode analisa kolerasi linier sederhana serta koefesien determinasi.

Dari hasil perhitungan analisis kolerasi sederhana dapat dilihat bahwa nilai r adalah 78,19 yang artinya terdapat pengaruh yang kuat antara variabel X (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) terhadap variabel Y (Kinerja Karyawan).

Dari hasil kuefisiensi determinasi menujukan bahwa Keselamatan dan Kesehatan Kerja mempunyai pengaruh terhadap Kinerja karyawan sebesar 31% sedangkan sisa nya dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor lain, gaya kepemimpinan sarana dan prasarana yang disediakan oleh perusahaan.

Sedangakan dari hasil perhitungan analisi regresi linier sederhana dilihat bahawa bila Kesehatan dan Keselamatan Kerja bertambah dapat ditarik kesimpulan jika Kesehatan dan Keselamatan Kerja ditingkatkan sampai 70,70 maka Kinerja Karyawan menjadi 71,86.
 
Keywords : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

 
 

 Download

Economicus Vol6 No1 Maret 2013

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *