Jurnal Accounting & Finance Vol. 6, No. 1, Juni 2013

 

 

 

ANALISIS KINERJA KEUANGAN PT. SANYO INDONESIA DIVISI COMPRESSOR PERIODE TAHUN 2008-2010

Sri Mulyani
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstraksi

Dari hasil analisis Current ratio tahun 2008 (46,8%) tahun 2009 (36,8%) & tahun 2010 (39%), Quick Ratio tahun 2008 (28,9%), tahun 2009 (18,2%) & tahun 2010 (23,4%) menggambarkan perusahaan dalan kondisi “Illikuid” sedangkan Debt Ratio tahun 2008 (142,2%), tahun 2009 (152,5) & tahun 2010 (167,1%) menunjukan lemahnya kemampuan aset perusahaan terhadap total hutangnya. Besarnya rasio Gross Profit Margin tahun 2008 (-5,4%), tahun 2009 (-1,9%) & tahun 2010 (8,4%) serta Net profit Margin tahun 2008 (-13,9%), tahun 2009 (-8,5%) & tahun 2010 (3,7%) berarti bahwa kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba masih rendah. Berdasarkan Analisis SWOT kondisi perusahaan berada pada posisi LIKUIDASI dengan total score faktor strategi internal sebesar -0,19 dan total score faktor strategi eksternal sebesar -0,92. Melengkapi hasil Analisis SWOT, matrix space menempatkan PT. Sanyo Indonesia Divisi Compressor pada Kuadran IV (kekuatan lemah, kelemahan tinggi dan peluang kecil ancaman besar).

Keywords: Kinerja Keuangan, SWOT

 

ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PENGGAJIAN KARYAWAN PT. PELITA HARAPAN ABADI

Winardi
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis prosedur penggajian karyawan dan untuk mengetahui penerapan dari sistem pengendalian intern penggajian karyawan di PT.Pelita Harapan Abadi.Penelitian ini berupa penelitian studi lapangan, karena penelitian ini hanya mengumpulkan data, mencari fakta, kemudian menganalisis data tersebut dan menginterprestasikannya sesuai dengan teori – teori. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisa data bersifat deskriptif kualitatif yaitu analisa yang berwujud keterangan uraian yang menggambarkan obyek penelitian untuk memperoleh kesimpulan dan penggambaran hasil sesuai dengan teori–teori yang ada. Untuk mengetahui implementasi dari penerapan sistem pengendalian intern dan evaluasi prosedur penggajian karyawan dilakukan dengan wawancara langsung dengan sumber yang bersangkutan dalam divisi tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa organisasi ini telah melakukan pemisahan fungsi dan tanggung jawab yang berbeda untuk tiap bagian yang berkaitan dengan prosedur penggajian. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pemisahan fungsi dan tanggung jawab yang baik dalam struktur organisasi, sistem otorisasi dan prosedur pencatatan, juga menunjukkan bahwa setiap bagian dari PT.Pelita Harapan Abadi telah melakukan tugasnya dengan baik.

Keywords: Sistim Pengendalian Penggajian

 

PENGARUH SISTEM PERSEDIAAN JUST IN TIME TERHADAP EFISIENSI BIAYA PRODUKSI PADA
CV. CAHAYA BINTANG MANDIRI CIKARANG

Udin Saepudin
Dosen STIE Pertiwi – Bekasi
Jl. Ir. H. Juanda No. 133 Bekasi Telp. 021 – 8808264

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan atas penerapan sistem persediaan Just In Time pengendalian intern terhadap biaya produksi dan mendapatkan data akuntansi yang akurat pada CV. Cahaya Bintang Mandiri. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan.Metode analisis pelaksanaan pengendalian intern mengenai prinsip-prinsip pengendalian intern, unsur-unsur pengendalian intern dan membandingkan dengan teori. Hasil penelitian/riset menunjukan bahwa peranan pengendalian intern terhadap persediaan Just In Time sangat berpengaruh terhadap perusahaan dalam persediaan serta biaya produksi. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan oleh peneliti dapat dibuktikan bahwadengan menggunakan sistem persediaan JIT CV Cahaya Bintang Mandiri mampu mengefisiensi biaya produksi hingga 3% sehingga pada tahun 2006 perusahaan dapat menurunkan biaya sebanyak Rp. 32.636.200,- kemudian pada tahun 2007 turun sebesar Rp. 33.455.425,- dan pada tahun 2008 menurun hingga Rp. 46.905.970,- . Hal ini menunjukan bahwa variabel X (sistem persediaan JIT) dapat mempengaruhi variabel Y (efisiensi biaya produksi).

Keywords: Persediaan Just in Time, Biaya Produksi

 

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG USAHA
TERHADAP TINGKAT RENTABILITAS PADA
PT. CITRA PRIMA MANDIRI

Lisdawati
Dosen STIE International Golden Institute (IGI)
Jl. Anggrek Cendrawasih VIII No.1 Slipi – Jakarta Barat Telp. 021 – 5308814

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perputaran piutang usaha dan tingkat rentabilitas serta sejauh mana pengaruh perputaran piutang usaha terhadap tingkat rentabilitas pada PT Citra Prima Mandiri. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi sederhana Ý = -28 + 3,36X, analisis koefisien korelasi dengan hasil 0,84 yang artinya korelasi antara perputaran piutang usaha terhadap tingkat rentabilitas sangat kuat dan positif, nilai koefisien determinan diperoleh 71% artinya kontribusi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 71%, serta pengujian hipotesis dengan uji dua pihak antara variabel X (Perputaran Piutang Usaha) terhadap variabel Y (Tingkat Rentabilitas) menghasilkan nilai 2,70 dan harga tabel dengan taraf kesalahan (α) = 5% sebesar 3,182 dengan ketentuan bila harga thitung < ttabel maka Ho diterima. Dan sebaliknya bila thitung> ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dari nilai diatas maka dapat disimpulkan bahwa Ho yang menyatakan “Tidak ada pengaruh antara perputaran piutang usaha terhadap tingkat rentabilitas” diterima.Sedangkan Ha yang menyatakan “Ada pengaruh antara perputaran piutang usaha terhadap tingkat rentabilitas” ditolak.

Keywords: Piutang Usaha, Rentabilitas

 

ANALISIS PPN KURANG BAYAR TERHADAP SALDO KAS
PADA CV. GALVANIS MITRA SEJAHTERA

Fitrawansyah
Dosen STIE International Golden Institute (IGI)
Jl. Anggrek Cendrawasih VIII No.1 Slipi – Jakarta Barat Telp. 021 – 5308814

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui perhitungan dan pelaporan Pajak Pertambahan Nilai, 2. Untuk mengetahui Pengaruh PPN kurang bayar terhadap saldo kas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif artinya penelitian ini hanya sebatas mengungkapkan suatu permasalahan dan mencoba menemukan solusi atau pemecahan dari permasalahan yang ada. Metode analisis yang digunakan dalam pengelolahan data adalah uji regresi, uji koefisien determinasi, dan uji signifikan koefisien korelasi (uji t). Berdasarkan hasil analisis perhitungan regresi PPN kurang bayar berpengaruh sangat lemah terhadap saldo kas hubungan antara variebel PPN kurang bayar (X) dengan variable saldo kas (Y) dirumuskan Y = 27.505,5 + 2,3X, dan perhitungan koefisien kolerasi sebesar 0,05 menunjukkan besarnya pengaruh PPN kurang bayar terhadap saldo kas memiliki tingkat hubungan yang sangat rendah pengaruhnya, untuk perhitungan koefisien determinasi kontribusi variabel PPN kurang bayar (X) berpengaruh terhadap variabel saldo kas (Y) sebesar 0,25%, sedangkan selebihnya yaitu (100%– 0,25%)= 99,75% variabel Y dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti penulis, uji signifikan satu pihak kanan dengan tingkat kesalahan (α) sebesar 5%, dari perhitungan uji t diperoleh hasil t hitung adalah 0,1226 < dari t tabel sebesar 1,895 hal ini berada didaerah penerimaan Ho dan penolakan H₁.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang tidak signifikan atau sangat lemah antara PPN kurang bayar terhadap saldo kas pada CV. Galvanis Mitra Sejahtera.

Keywords: PPN kurang bayar dan saldo kas

 

 

 Download

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *