One Day Seminar “Motivasi Menggapai Sukses”

“Apa definisi motivasi menurut Anda?” Serentak para mahasiswa STIE Pertiwi mengangkat tangannya sambil berlomba-lomba mencoba mendefinisikan kata “motivasi” Sabtu, 30 Juni 2013 kampus STIE Pertiwi yang berlokasi di Jl. Dewi Sartika Cililitan dipadati oleh para mahasiswa STIE Pertiwi yang sangat antusias mengikuti acara seminar “Motivasi Penggapai Sukses” Perhelatan yang menghadirkan motivator muda Shiwy Maulina dan Ramaditya Adikara ini merupakan rangkaian seminar wajib bagi mahasiswa STIE Pertiwi.

 

Setiap manusia pada umumnya mempunyai definisi yang berbeda-beda mengenai Motivasi, begitu juga dengan para mahasiswa yang notabene dalam masa pencarian jatidiri.  Tentu ada banyak tujuan yang ingin dicapai  di masa muda dan ada banyak cara untuk mencapai tujuan tersebut, asalkan ada motivasi di dalam diri yang tidak pernah padam, pasti tujuan akan tercapai.

Soemanto (1987) secara umum mendefinisikan motivasi sebagai suatu perubahan tenaga yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi-reaksi pencapaian tujuan. Karena kelakuan manusia itu selalu bertujuan.  Begitu juga dengan mahasiswa sebagai insan pembelajar tentu mempunyai motivasi yang berbeda-beda untuk mencapai cita-citanya.

 

Pada sesi pertama, Shiwy Maulina yang merupakan motivator muda menampilkan beberapa video yang menggambarkan pentingnya melihat kelebihan diri sendiri dan pentingnya mengambil hikmah dari sebuah kegagalan atau kesalahan.  Manusia di dunia ini hidup dalam kekurangan dan kelebihan masing-masing, jika kita merasa kurang dalam segala hal tentunya di belahan dunia yang lain ada yang lebih kurang dari pada kita.  Disinilah pentingnya  membangun motivasi untuk senantiasa terus berusaha mencapai cita-cita dan keinginan dengan segala kekurangan maupun keterbatasan yang kita miliki.

Banyak kisah para tokoh besar di dunia ini yang mengawali kisahnya dari keterbatasan, artinya semua manusia punya peluang yang sama besarnya untuk bisa berhasil terlepas dari kekurangan yang dimiliki.  Setiap manusia juga punya keunikan yang menjadi ciri khas dan bisa menjadi selling point.  Yang menjadi penting adalah bagaimana menemukan potensi dalam diri.  Awali dengan menentukan impian serta mengokohkan keyakinan untuk dapat mencapai impian tersebut.

Sesi kedua di isi oleh Ramaditya Adikara, seorang motivator muda juga yang terkenal dengan julukan “Blind Trainer”, Dosen yang memiliki keterbatsan ini mendorong para mahasiswa/i STIE pertiwi agar tidak gampang mudah menyerah dari semua masalah atau rintangan yang sedang dihadapi saat mengejar impian.

 

 

 

Rama yang juga seorang penulis dan mencintai dunia game ini, menceritakan kisah hidupnya dan berbagi pengalaman bagaimana cara memecah keterbatasan menjadi potensi yang luar biasa.

Sesi ini ditutup dengan kesimpulan pentingnya menjadi manusia yang kuat dalam berusaha dan selalu termotivasi untuk selalu mencari ilmu, jadikan aktivitas menyambut pagi dengan niat untuk menuntut ilmu.(M/Y)

 

 

—–oOo—–

Download Materi Seminar:

Shiwy Maulina – Mengungkap Ketrbatasan orang orang kecil yang berhasil menjadi besar

Ramaditya Adikara – Get the spirit from our limi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *