Sejarah

Yayasan Pendidikan Pertiwi didirikan pada tahun 1985. Sebelum pendirian tersebut yayasan ini bergerak pada bidang kursus dan pelatihan bahasa Inggris dengan bendera BBC International yang berdiri pada tanggal 16 Juni 1980 dengan lokasi pertama di Tanah Abang Jakarta Pusat. Kegiatan kursus dan pelatihan bahasa Inggris terus berjalan dan berkembang hingga pada saat ini BBC International sendiri telah mempunyai cabang 47 cabang di 18 kota di Pulau Jawa dan Sumatera. Pada tahun 1985, Bapak Soeharsono sebagai pendiri BBC International sekaligus sebagai Presiden Direktur mendirikan Yayasan Pendidikan Pertiwi dengan Akte Notaris Nomor 35 tahun 1985 di Kantor Notaris Yudo Paripurno, SH., dan kemudian diperbaiki pada Akte Notaris Nomor 4 tanggal 2 Pebruari 1999 di Kantor H. Amawel Amin, SH. Menyesuaikan dengan UU No. 28 tahun 2004 tentang Yayasan, Yayasan Pendidikan Pertiwi telah berubah menjadi Yayasan Pendidikan Pertiwi Global.

Pada perkembangan berikutnya dengan masuknya Yayasan Pembinaan Ilmu Pengetahuan di dalam sistem pengembangan manajemen terpadu Yayasan Pendidikan Pertiwi Global, maka untuk meningkatkan kualitas manajemen terpadu dan untuk memudahkan di dalam penyelenggaraan tata operasi kerja secara satu atap maka dibentuklah suatu Holding Company yang kita kenal dengan Pertiwi Group. Sampai saat ini Pertiwi Group telah mengelola unit-unit kegiatan pendidikan sebagai berikut:

1. Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Pertiwi
2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi
3. Akademi Pariwisata Pertiwi
4. LKP Pertiwi Global
5. Bimbingan Belajar Calculus
6. BBC English Training Specialis

Dengan dikeluarkannya ijin penyelenggaraan pendidikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi dengan ijin Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65/D/O/1997 tanggal 22 September 1997, maka secara resmi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiwi menggabungkan diri dengan manajemen Pertiwi Group. Dengan demikian sistem penjaminan mutu dalam pelaksanaan Tri Dharma pendidikan tinggi di lingkungan STIE Pertiwi lebih termonitor dan terkelola dengan baik secara internal.

Disamping lembaga-lembaga yang tersebut di atas, Pertiwi Group juga senantiasa mengembangkan diri dengan membuka pelatihan-pelatihan singkat dan pendidikan-pendidikan setingkat sekolah-sekolah formal umum seperti SD, SMP, dan SMU. Dengan harapan itu pula, maka Pertiwi Group akan menjadi salah satu lembaga pendidikan pilihan masyarakat dan terpercaya.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pertiwi menyelenggarakan 4 (empat) program studi di 2 (dua) jurusan yaitu jurusan Manajemen dan Akuntansi. Program studi yg diselenggarakan adalah D3 Manajemen, D3 Akuntansi, S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Jumlah mahasiswa dan lulusan STIE Pertiwi terus meningkat setiap tahun dan masa tunggu lulusan untuk penyerapan kerja yang lebih cepat adalah bukti bahwa STIE Pertiwi terus berkembang menjadi lembaga pilihan masyarakat dengan kualitas yang terus meningkat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *